Spiga

Tips and Trick for Newbie Blogger

source : http://spydeeyk.blogspot.com/search/label/Blogging

Newbie blogger atau orang yang masih baru dalam dunia blogging, pasti akan merasa sangat sulit untuk memulai menulis, apalagi orang tersebut tidak terbiasa bahkan tidak tertutup kemungkinan juga tidak suka menulis (seperti saya.., he2..), akhirnya, karena tidak terbiasa menulis tadi, copas (copy paste) menjadi solusi, lihat blog orang lain trus melakukan copy paste, hal ini juga saya lakukan, tetapi dengan tidak menghilangkan penulis aslinya, dan dari mana saya mendapatkan article tersebut. Pertanyaannya, klo copas terus.., jadi follower trus dunk?, ga bakalan berkembang, karena hanya ngumpulin tulisan orang lain, dan posting di blog kita. Apa akan seperti ini terus?, duh.., jangan dunk, setiap orang bisa kreatif koq, semuanya hanya faktor kebiasaan saja, keinginan yang kuat, dan yang tentu saja konsistensi untuk menulis.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk seorang Newbie blogger;

1. Find the Idea

Untuk memulai menulis, kita harus tahu dulu dunk.., kita mo tulis apa??, bagian ini bagian yang paling mudah menurut saya, kenapa?, karena kita setiap detik pasti berpikir, setiap hal yang kita pikirkan itu bisa menjadi ide untuk di tulis lho.., seperti tulisan ini, awalnya saya hanya berpikir bagaimana yah supaya nge-blog hal yang menyenangkan, bukan sesuatu yang merepotkan..??, ahh.., akhirnya mikirin trick buat diri sendiri, tetapi kemudian terpikirkan lagi, hmmm, kenapa ga sekalian dijadikan sebuah tulisan aja?, dan jadilah Tips and Trick for Newbie Blogger ini.. :)
Di lingkungan kita sehari-hari kita juga melihat berbagai hal, dan hal-hal yang ada sekitar kita itu juga bisa menjadi ide tulisan. banyak lagi resource yang yang bisa dimanfaatkan seperti koran, buku, tv, radio, dan tentu saja resources yang tidak terhingga yaitu internet!. ketika menemukan sebuah ide, sebaikanya tuliskan di kertas, atau di notepad bila anda di depan komputer.., supaya ide yang ada tidak hanya tinggal sebuah ide yang tidak pernah terealisasikan.. so apalagi yang anda tunggu?, find your idea.. :)



2. Make a Title and Make It as Draft

Setelah anda menemukan sebuah ide, langsung tentukan judul tulisan, jangan lupa buat title yang menarik yang menggambarkan keseluruhan isi dari sebuah tulisan yang akan kita buat. Saya membiasakan diri saya untuk melakukan hal berikut, ketika akan saya memulai blogging, sign in ke account saya, klik posting --> create, saya hanya menuliskan title dari semua ide yang sudah saya siapkan, selesai menuliskan title langsung di-save, hanya di jadikan draft dulu saja. kenapa begitu?, biasanya ketika akan memulai blogging saya bisa mempuyai 4 sampai 7 ide, dan dapat dipastikan saya ga akan bisa langsung menjadikan semua ide itu menjadi sebuah tulisan, untuk itulah, dijadikan draft saja, ini membuat saya lebih tenang, maksudnya?, semua ide yang pernah saya pikirkan sudah 50% sudah terlaksana, wah.. ga kebanyakan tuh 50%?, ga!, karena semua yang sudah saya jadikan draft itu pasti akan saya tulis menjadi sebuah postingan yang siap di publish, apakah hari itu juga akan saya tulis, atau kah besok, lusa.., satu minggu lagi.., atau kapan pun itu, ga masalah, setidaknya ide yang sudah saya temukan tidak akan hilang begitu saja. jadi buat title, jadikan draft!

3. Publish Right Now!

Wew, pake tanda seru segala..??, harus!. ketika saya sudah duduk di depan kompie, memulai blogging dan melihat banyak nya ide-ide yang belum saya tuangkan menjadi tulisan.., saya menargetkan untuk menyelesaikan satu tulisan dan akan mempublish nya saat itu juga. bagian ini merupakan bagian yang 50% lainnya untuk membuat sebuah posting. This the hardest part for newbie, yah.., ga salah lagi untuk memulai menulis kalimat pertama akan terasa berat, yang saya lakukan biasanya .., saya tuliskan saja dulu apa yang ada di otak saya, ga masalah klo acak-acakan dulu, setelah semuanya dituangkan menjadi sebuah tulisan, nanti kita bisa edit lagi.. dirapikan supaya enak dibaca dan mudah dipahami orang lain point apa yang anda ingin sampaikan. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada uncle google untuk mensupport tulisan anda menjadi tulisan yang berbobot, semakin banyak referensi yang anda gunakan semakin bagus tulisan anda nantinya.., pasti!.

4. Give Special Time for Your Blog

Menurut saya, kita harus berikan waktu khusus untuk menulis blog kita, untuk newbie 2 jam dech.., kelamaan?, yah.., klo mengenai waktu ini sih terserah person masing-masing, saya memilih dua jam, karena saya ingin menulis dengan santai, saya hanya menargetkan membuat 2 posting dalam 2 jam itu, tp klo lagi semangat bisa lebih dari 2.., he2.., supaya tidak jenuh ga mesti langsung dua jam, mungkin pagi 1 jam.., trus ntar malam 1 jam lagi, sebisa mungkin jadikan blogging itu menjadi hal yang menyenangkan bagi anda.

5. Don't be Rush

Yup!, ga usah terlalu buru-buru.., maksudnya?, begini.., mungkin pada suatu waktu tertentu anda lagi semangat-semangatnya buat ngeblog, bisa buat tulisan lebih dari lima tulisan dalam satu hari, saya sarankan untuk tidak langsung mempublish seluruh tulisan anda, kenapa?, mungkin saja pada waktu lainnya anda lagi males-malesnya buat ngeblog.., bisa saja khan?, bukannya kita ingin ngeblog yang konsisten?, yah.., tentu saja.., trus solusinya gimana?, saya juga membiasakan untuk memposting hanya dua tulisan saja dalam satu hari jika, jika saya mampu menulis lebih dari dua tulisan dalam satu hari, tulisan yang lainya akan saya posting esoknya.., dijadikan draft dulu gt yah?, ga juga.., tetap saya posting hari itu juga tapi dengan menggunakan opsi post date and time yang disediakan blogspot, jadi saya men-set tulisan itu akan dipublish pada hari yang saya tentukan, misal saya set akan di publish esoknya. hal ini menjadikan blog kita terlihat konsisten dalam melakukan posting, so kalau anda lagi males-malesnya.., ga masalah, karena pada hari-hari sebelumnya anda sudah menyediakan tulisan-tulisan yang otomatis akan terposting pada hari berikutnya :) .

Bila anda mengikuti tips dan trick di atas.., saya yakin anda akan berkata ngeblog itu menyenangkan, dan menulis itu tidak sesulit yang dibayangkan.., dan anda siap menjadi seorang blogger profesional!.

0 comments: